Contoh Permasalahan dan Solusi Strategi Problem Solving Dalam Perusahaan

 

Ilustrasi Pexels.com

Setiap masalah tentunya mempunyai solusi yang bisa diambil. Begitu juga permasalahan yang dihadapi di perusahaan bisa untuk diselesaikan dengan efektif menggunakan langkah yang tepat. Strategi problem solving bisa digunakan sebagai kunci keberhasilan untuk menyelesaikan masalah yang dipunyai perusahaan dengan efektif, sehingga bisa untuk lebih berhasil di pasar yang kompetitif. 

Contoh permasalahan dalam perusahaan dan solusinya

Pemecahan masalah dengan problem solving juga dapat meningkatkan efisiensi dari operasional perusahaan hingga membantu untuk menjaga kepuasan pelanggan karena permasalahan yang paling muncul di dalam bisnis akan berkaitan dengan kepuasan yang dipunyai oleh pelanggan. Contohnya saja untuk permasalahan yang bisa timbul dan solusi yang bisa digunakan oleh perusahaan, meliputi:

Terjadinya konflik antar karyawan

Masalah yang bisa timbul terjadi pada internal perusahaan ketika antar karyawan yang saling ribut. Apabila hal tersebut terjadi maka bisa untuk membuat suasana kerja akan tidak baik tidak hanya untuk karyawan yang berkonflik, tetapi juga akan berpengaruh pada karyawan lainnya. Konflik yang terjadi juga bisa menimbulkan penurunan produktivitas yang dirasakan oleh perusahaan. 

Oleh karena itulah, sebaiknya tangani konflik antar karyawan yang dapat dilakukan dengan solusi bersama. Seperti dengan mendengarkan keluhan, menjadi pihak untuk mediasi karyawan yang berkonflik, dan juga melakukan komunikasi interpersonal sehingga membuat konflik karyawan dapat mereda dan terselesaikan.

Terjadinya penurunan penjualan

Bisnis yang dipunyai tentu saja tidak selamanya akan menguntungkan dan bisa menghadapi kerugian. Hal tersebut dapat terjadi ketika terjadinya penurunan penjualan bisnis yang tidak hanya dihadapi satu kali saja tetapi dirasakan beberapa bulan terakhir. Dari laporan keuangan yang diterima maka akan bisa memberikan gambaran mengenai performa bisnis yang dipunyai. 

Penurunan penjualan merupakan salah satu permasalahan yang muncul di bisnis, di mana untuk strategi problem solving yang bisa diambil adalah dengan melakukan analisa pasar. Ikuti trend preferensi pelanggan dengan menyusun strategi pemasaran baru sehingga membuat bisnis dapat update dan bisa lebih sukses untuk meningkatkan penjualan.

Terjadinya masalah pada kualitas produk

Permasalahan bisnis yang bisa dihadapi oleh perusahaan adalah ketika adanya masalah kualitas produk yang terjadi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk keberlangsungan bisnis adalah keluhan yang diterima dari pelanggan. Apabila banyak orang yang komplain mengenai kualitas produk tertentu yang dipunyai, maka hal tersebut bisa menjadi masukan untuk diterima oleh perusahaan. 

Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka hal tersebut membuat bisnis dapat ditinggalkan oleh pelanggan karena kualitas yang menurun. Sehingga solusi yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan inspeksi pada kualitas produk yang dibuat. Tinjau kualitasnya dari bahan baku hingga proses produksi untuk mengetahui permasalahan dan bisa menyelesaikannya, sehingga bisa mengatasi komplain masalah kualitas produk yang diberikan oleh pelanggan.

Permasalahan persaingan bisnis

Sebuah bisnis tentunya juga akan perlu menghadapi persaingan yang dipunyai. Sehingga apabila tidak menjaga dan memantau kompetitor bisnis, hal tersebut bisa membuat bisnis Anda kalah saing. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya lakukan riset pasar dan memantau kompetitor yang dipunyai. Mulai dari produk, target pasar, pemasaran, hingga harga produk yang dapat membantu untuk membuat strategi yang lebih baik dari pesaing bisnis.

Permasalahan regulasi yang berubah

Kelancaran bisnis juga akan dipengaruhi oleh peraturan yang diterapkan, sehingga perlu untuk selalu update mengenai regulasi. Perubahan regulasi pemerintah tersebut akan bisa menyebabkan masalah apabila tidak sesuai dengan bisnis yang dilakukan. Sehingga solusi yang bisa digunakan adalah dengan tetap memantau perubahan regulasi dari hukum baru yang diterapkan.

Perubahan teknologi

Masalah lainnya yang bisa dihadapi oleh bisnis adalah dengan perubahan teknologi yang terjadi dengan cepat dan masif. Ada banyak cara yang bisa digunakan sebenarnya yang akan membantu untuk membantu bisnis bisa berkembang. Sehingga solusinya adalah memberikan pelatihan dan investasi pada teknologi lebih canggih yang disediakan di perusahaan.

Di atas merupakan beberapa contoh permasalahan yang bisa dihadapi oleh bisnis dari perusahaan yang dipunyai. Kemampuan problem solving yang baik akan bisa membantu untuk tidak perlu takut dari setiap masalah yang pasti akan dihadapi di perusahaan. Pelajari strategi problem solving yang bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bisnis yang bisa diikuti di Prasmul-ELI.


Komentar

Postingan Populer