mengenal lebih dalam tentang pythagoras


 kalian tahu, pythagoras? pythagoras adalah seorang ilmuwan yang menganut bahwa dunia ini bersifat matematis. ia juga menerapkan matematika terhadap musik dan astronomi.

di bidang musik dia menemukan tentang harmonik. menurutnya bunyi instrumen musik yg berdawai erat kaitannya dengan perkalian sederhana pada panjang dawai alat musik tersebut. jika dawai satu ditekan sehingga bagian yang bergetar itu separuh panjang semula, maka suara yg dihasilkan adalah satu oktaf lebih tinggi dari suara sebelumnya.

di bidang astronomi, pythagoras percaya bahwa bila plane-planet mengorbit matahari pada interval-interval yang berkaitan dengan panjang dawai harmonik. menurut pythagoras, gerakan planet-planet telah menghasilkan suara musikal. tetapi pandangan pythagoras tentang musik planet tidak bertahan terlalu lama, meskipun pendapat pythagoras tentang bintang pagi dan bintang malam adalah objek yg sama adalah benar adanya.

puncak keilmuan pythagoras terjadi saat ia mengembangkan teorama pythagoras yg merupakan sumbangsihnya, dalam bidang geometri. dalam teorama pythagoras disebutkan bahwa panjang kuadrat dari sisi miring segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah panjang kuadrat kedua sisi lainnya.

Komentar

Postingan Populer